Pada
kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bidang animasi 2 dimensi, dalam
tutorial ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat
animasi kupu- kupu terbang menggunakan software Macromeodia Flash. Software ini kami rasa cukup sederhana untuk digunakan dan mudah
untuk dipelajari bagi orang awam, dan software yang kami gunakan adalah
Macromedia Flash 8.
Baiklah
tanpa basa- basi lagi kami akan memberikan cara- cara dalam membuat animasi
kupu- kupu terbang. Caranya adalah sebagai berikut :
1. Pertama, buka dulu software Macromedia Flash 8. Dan untuk memudahkan kita,kita pakai saja pengaturan langsung secara otomatis. Akan tetapi anda dapat merubah pengaturannya sesuai keinginan.
2. Lalu kita dapat membuat gambar kupu- kupunya langsung dalam Macromedia Flash 8 tersebut ataupun dengan meng-import gambar. Nah kali ini kami akan menggunakan cara kedua ,karena kami anggap lebih mudah dan tidak membuang banyak waktu. Caranya yaitu kita klik menu File > Import > Import to Library, seperti gambar dibawah ini.
1. Pertama, buka dulu software Macromedia Flash 8. Dan untuk memudahkan kita,kita pakai saja pengaturan langsung secara otomatis. Akan tetapi anda dapat merubah pengaturannya sesuai keinginan.
2. Lalu kita dapat membuat gambar kupu- kupunya langsung dalam Macromedia Flash 8 tersebut ataupun dengan meng-import gambar. Nah kali ini kami akan menggunakan cara kedua ,karena kami anggap lebih mudah dan tidak membuang banyak waktu. Caranya yaitu kita klik menu File > Import > Import to Library, seperti gambar dibawah ini.
Setelah itu pilih
gambar sesuai kengginan dalam komputer kita.
3. Lalu kita drag (
klik kiri jangan dilepas dan geser sampai layar kerja kita) gambar kupu- kupu
dari library kita, seperti gambar berikut.
Dan kita atur
ukuran gambarnya sesuai kengingginan kita dengan menggunakan Free Transform
Tool atau kita klik gambar + tombol Q.
4. Lalu kita ubah
gambar kupu- kupu kita kedalam bentuk Graphic, yaitu dengan cara klik menu
Modify > Convert to Symbol atau dengan cara tekan tombol F8 pada keyboard.
5. Lalu kita pilih Graphic dan kita beri nama
sesuai keingginan, misalnya kita beri nama kupu-kupu pada kolom namanya lalu
kita klik OK.
6. Selanjutnya
kita double clik ( klik dua kali cepat) pada objek kupu- kupu kita. Dan kita
akan membuat gerakan kupu- kupu itu seolah mengepakkan sayapnya, yaitu dengan
cara kita klik pada frame 2 dan kita klik kanan > pilih Insert Keyframe atau
kita pencet tombol F6 pada keyboard.
7. Setelah
kita beri keyframe kita ubah saja ukurannya dengan free transform tool untuk
membuat kupu- kupu itu seolah- olah mengepakkan sayapnya, tetapi kita hanya
merubah ukuran width atau menyamping saja seperti contoh berikut :
8. Setelah
itu kita kembali kedalam Scene 1 untuk kembali ke lembar kerja awal untuk
membuat jalur yang akan digunakan nantinya, caranya kita klik saja tulisan
Scene 1 pada layar bagian atas.
9. Tahap berikutnya
kita akan membuat jalur bagi kupu- kupu kita dengan cara menambahkan Motion
Guide dengan meng-klik Add Motion Guide.
10. Lalu
kita klik frame 1 pada Guide: Layer 1 dan membuat jalur sesuai keinginan kita
dengan pencil tool pada daftar tool yang tersedia pada pojok kiri seperti
contoh berikut ini :
11. Selanjutnya
kita akan membuat kupu- kupu itu bergerak mengikuti jalur yang telah kita buat
seperti diatas, yaitu dengan cara kita tempelkan lingkaran putih pada pusat
gambar/ objek pada awal garis dan kita arahkan kupu- kupu tersebut depan lintasannya,
contohnya sebagai berikut :
12. Kemudian kita buat lagi keyframe pada
layer 1 dan insert freme pada frame sesuka kita di Guide: Layer 1 (semakin
tinggi frame yang kita letakkan akan semakin lama durasi yang kita berikan ),
pada contoh ini kami mengambil frame 140, dan arahkan kupu- kupu kita ke arah
akhir jalur dan kita tempelkan pusat objek dengan jalur kita, seperti contoh
berikut :
13. Lalu kita berikan Motion Tween pada kupu-
kupu di Layer 1 dengan cara klik pada frame diantara 1 – 140 ( frame yang kita
gunakan ) lalu klik kanan > pilih Create Motion Tween.
14. Lalu tahap terakhir kita akan
memperhalus gerakan kupu- kupu itu dengan menggunakan Orient to path dengan
cara klik bagian tengah Motion Tween dan pilih Orient to path pada kotak dialog
Properties seperti gambar:
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking